Sabtu, 14 November 2009


TEKNIK PEMBUDIDAYAAN JARAK KEPYAR

DENGAN SISTEM TUMPANG SARI

1. Pembersihan Lahan

Lahan dibersihkan dari rumput dan semak-semak agar tanaman tidak terganggu dan tidak tumbuh kerdil.

2. Pengairan

Satu minggu sebelum penanaman, jika tidak ada hujan sebaiknya lahan disiram untuk memenuhi kebutuhan air pada proses perkecambahan. Tanaman jarak tangan sangat membutuhkan air pada awal pertumbuhan yaitu pada bulan pertama dan kedua. Oleh karena itu penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan.

3. Penanaman

Sebelum penanaman sebaiknya benih direndam dengan air selama 12 – 24 jam untuk mempermudah proses perkecambahan. Penanaman Jarak tangan dilakukan dengan cara ditugal dan setiap lubang ditanam 2 - 3 biji jarak tangan dengan jarak tanam 2 m x 2 m setelah tanaman utama (jagung) berumur 15-30 hari.

4. Penjarangan

Penjarangan dilakukan secara bertahap, pada umur 2 minggu disisakan 2 tanaman per lubang, kemudian pada umur 3 minggu disisakan 1 tanaman per lubang.

5. Pemupukan

Untuk pertumbuhan yang baik berikan pupuk dasar yaitu pupuk kandang di samping pupuk anorganik pada saat tanam diseuaikan dengan kebutuhan.Karena penanaman jarak ditumpang sari dengan jagung,maka kegiatan pemupukan tidak perlu dilakukan lagi.

6. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada waktu tanaman jarak tangan memiliki 8 - 9 daun dengan memenggal pucuk. Hal ini dimaksudkan agar tanaman jarak tangan memiliki banyak cabang

7. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pemeliharaan tanaman utama sesuai dengan kebiasaan petani, sedangkan pengendalian hama dan penyakit jarak tangan disesuaikan dengan jenis hama dan penyakit yang dialami dan penyemprotan hanya tanaman yang terkena hama dan penyakit

8. Pemanenan Tanaman Utama (Jagung)

Jagung yang sudah siap panen dipangkas bagian

pucuk untuk mengurangi kerimbunan dan kalau sudah panen maka batang jangung dipangkas untuk memberikan pencahayaan penuh terhadap tanaman jarak tangan sehingga akan tumbuh dengan baik.

9. Pemanenan Jarak tangan

Buah siap panen ditandai dengan mengeringnya kulit buah dan sekitar 75% buah sudah kering. Tanaman dapat mulai dipanen setelah tanaman kira-kira berumur 5 – 6 bulan dengan cara memotong tandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar